Keragaman Hayati Terancam Punah Karena Spesies Pendatang?

 

https://th.bing.com/th/id/OIP.dqK0aBdTycJHX9FFkzMSAAHaFH?pid=ImgDet&rs=1

 

Indonesia sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman hayati dan juga keindahan alamnya, sangat berpotensi untuk mengembangkan ekowisata. Kekayaan flora dan fauna seringkali menjadi terancam dengan kehadiran wisatawan yang mengusik habitatnya. Kenaekaragaman hayati merupakan tingkat variasi bentuk dalam kehidupan, ekosistem bioma spesies, atau seluruh planet. Kemunculan manusia menunjukkan pengurangan keanekaragaman hayati yang telah berlangsung dan kerugian atas keragaman genetik.

Faktor-faktor penyebab hilangnya keanekaragaman hayati

a.       Hilangnya Habitat

Hal ini diakibatkan manajemen pertanian dan hutan yang tidak berkelanjutan . bertambahnya jumah penduduk dapat menambah kebutuhan yang harus dipenuhi. Lahan yang tersedia digunakan untuk membangun rumah penduduk, lahan pertanian, perkebunana, atau industri. S

b.       Perubahan Iklim

Efek rumah kaca meningkatkan suhu udara 1-3oC dalam kurun waktu 100 tahun. Kenaikan suhu mengakibatkan es di kutub mencair sehingga permykaan air laut naik dan terjadi perubahan struktur dan fungsi ekosistem lautan.

c.       Eksploitasi Tanaman dan Hewan

Eksploitasi berlebihan dapat mengakibatkan kepunahan spesies tertentu, apabila tidak diimbangi dengan usaha perkembangbiakan. Contohnya kayu yang ada dihutan digunakan untuk material bangunan dan ikan tuna bersirip kuning memiliki harga yang mahal dan diminati pecinta makanan laut.

d.       Terdapat Spesies Baru

Spesies dari luar daerah masuk ke daerah lain dapat mendesak spesies lokal yang merupakan spesies langka dan penting di daerah tersebut. Spesies asing tersebut dapat menguasai ekosistem dan mengancam punahnya spesies yang dilindungi. Misalnya ikan Pelangi yang terancam punah karena dimangsa ikan mas.

 

 

Sitompul, Lastiar Roseylina. "Peran Pembelajaran Biologi Topik Keanekaragaman Hayati Dalam Menunjang Ekowisata Dan Pengelolaan Lingkungan." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. 2018. PERAN PEMBELAJARAN BIOLOGI TOPIK KEANEKARAGAMAN HAYATI DALAM MENUNJANG EKOWISATA DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (unram.ac.id)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebakaran Hutan Untuk Perluasan Tanah?