Fenomena Hujan Tapi Panas

 

Hujan biasanya ditandai dengan datangnya awan mendung, udara panas, dan Guntur. Akan tetapi tak jarang juga hujan turun tiba-tiba disaat matahari masih bersinar terik. Fenomena ini disebut sun shower. Hal ini dapat terjadi karena angin yang bertiup kencang membawa awan hujan yang sedang dipersiapkan di tempat lain dan hujan turun di daerah yang tidak mendung.

Tanda- tanda hujan biasanya disertai dengan udara yang panas. Hal tersebut karena terjadi penguapan air di permukaan bumi. Ketika air menguap, terdapat penyerapan energi dalam bentuk panas kemudian energi tersebut disimpan pada molekul air ketika tepat di atmosfer. Pada ketinggian tertentu, molekul air dapat terjadi penurunan suhu sehingga membentuk gumpalan awan.

Ketika hujan reda, sering sekali kita mencium aroma khas hujan yang sangat menyejukkan. Aroma tersebut bisa muncul karena bertemunya air hujan dengan tanah kering yang disebut aroma petrikor. Aroma ini berasal dari senyawa organic geosmin yang diprosuksi mikroba. Sehingga senyawa ini akan dihembuskan ke udara dan ketika hujan dating akan turun mengenaik tanah dan batu yang dapat memunculkan aroma khas tersebut.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebakaran Hutan Untuk Perluasan Tanah?